PENGENALAN
KOMPUTER
Diajukan Untuk
Memenuhi Salah Satu Tugas Kelompok pada Mata Kuliah Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Dosen Pengampu
: Andi Ainunnajib Fikri, S.T., M.Pd.I
Disusun Oleh:
Ketua : Nur Nurhalimah
Anggota : Rini Nur Aini
FAKULTAS
TARBIYAH
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA
ISLAM DARUSSALAM
CIAMIS-JAWA
BARAT
2017
KATA
PENGANTAR
Assalaamu’alaikum
Wr.Wb
Puji syukur marilah kita panjatkan
kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nyalah kami dapat
menyelesaikan makalah ini sesuai yang kami harapkan, Shalawat beserta salam
semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan
kepada kita jalan yang lurus berupa ajaran agama Islam yang sempurna dan
menjadi anugerah serta rahmat bagi seluruh alam semesta.
Makalah
ini kami buat dengan maksud untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Teknologi
Informasi dan Komunikasi, dalam makalah
ini kami menjelaskan tentang “Pengenalan Komputer”. Disamping itu kami
mengucapkan terimakasih kepada Bapak Andi Ainunnajib Fikri, S.T., M.Pd.I.,
selaku Dosen mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi,
tidak lupa kepada mahasiswa yang telah membantu kami selama pembuatan
makalah ini berlangsung sehingga terealisasikanlah makalah ini.
Kami
menyadarai dalam penyusuan makalah ini banyak kekurangan dan kesalahan, kami
mohon maaf dan meminta kritik dan sarannya terhadap makalah ini agar kedepannya
bisa diperbaiki.
Demikian
makalah ini kami buat, semoga dengan adanya
makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua dan dapat menambah ilmu
pengetahuan
Ciamis, Oktober 2017
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
Dalam
dasawarsa (sepuluh tahun) terakhir kita merasakan dunia seakan kian menyempit. Dahulu
kita membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengirim berita kepada sanak
saudara yang berada di tempat yang sangat jauh, namun kini cukup dengan
memencet tombol-tombol ditelepon genggam, kita bisa mengirim berita pada orang
yang tinggal di belahan lain di bumi ini hanya dalam hitungan detik.
Dengan
teknologi yang ada saat ini, kita juga bisa berinteraksi dengan orang yang ada
di tempat lain, bahkan sangat jauh secara langsung. Dan pada kenyataannya,
kemajuan yang sudah dicapai ini tidak lepas dari suatu benda yang dinamakan
komputer.
1.
Apa
yang Dimaksud dengan Komputer?
2.
Bagaimana
Sejarah Komputer?
3.
Apa
saja Fungsi Komputer?
4.
Apa
yang Dimaksud Sistem Komputer?
5.
Apa
saja Jenis-jenis Komputer?
6.
Bagaimana
Cara yang Benar dan Sehat dalam Menggunakan Komputer?
7.
Bagaimana
Perawatan Komputer yang Baik?
1.
Untuk
Mengetahui Komputer.
2.
Untuk
Mengetahui Sejarah Komputer.
3.
Untuk
Mengetahui Fungsi Komputer.
4.
Untuk
Mengetahui Sistem Komputer.
5.
Untuk
Mengetahui Jenis-jenis Komputer.
6.
Untuk
Mengetahui Cara yang Benar dan Sehat dalam Menggunakan Komputer.
7.
Untuk
Mengetahui Perawatan Komputer yang Baik.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Komputer
Kata
komputer berasal dari Bahasa Inggris “Computer” yang artinya penghitung
atau alat yang digunakan manusia untuk menghitung. Secara tata bahasa, alat
menghitung seperti sempoa pun termasuk dalam kategori komputer. Namun dalam
perkembangannya, kata komputer mengalami pergeseran arti, dari sekedar mesin
hitung sederhana hingga menjadi sebuah benda yang besar sekali manfaatnya dalam
kehidupan manusia modern.
Komputer menjadi komponen utama dalam
berbagai perangkat yang menunjang kehidupan manusia; dari sesuatu yang rumit
seperti sistem pendukung pada navigasi-sistem kemudi-pesawat ulang alik milik
NASA (National Aeronautics and Space Administrasion-badan antariksa milik
Amerika Serikat), pengendalian lengan robot pada pabrik-pabrik pembuat
otomotif, menjadi alat pembantu dalam absensi pegawai, sampai menjadi komponen
dalam radio tape. Dan kini dikenal dengan kemajuan sistem komunikasi
global dan internet, ketergantungan manusia pada komputer pun semakin besar,
sehingga sudah sewajarnya jika komputer dikenal sejak usia sedini mungkin.
Namun sebelum kita mengenal perangkat ini lebih lanjut, rasanya tak ada
salahnya kalau kita terlebih dahulu mengetahui sedikit sejarah mengenai
perkembangan komputer.
2.2 Sejarah Perkembangan
Komputer
Komputer pertama kali diperkenalkan pada
tahun 1641 oleh Blaise Pascal dari perancis. Beliau menyusun sebuah mesin
hitung yang digunakan untuk menunjang pekerjaannya. Saat itu ia dan ayahnya
bekerja di Dinas Perpajakan Perancis. Pascal membutuhkan alat khusus yang bisa
membantunya menghitung uang pajak secara tepat dan akurat. Dalam melakukan
pekerjaannya, kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal. Mesin manual
penemuan Pascal ternyata memiliki banyak kekurangan. Mesin itu sering macet
sehingga proses kerjanya memakan waktu yang lama.
Pada tahun 1830, Charles Babbage dari
Inggris memiliki ide untuk menggabungkan prinsip-prinsip digital. Sistem yang
ia ciptakan merupakan gabungan pemakaian hitungan binari atau dua digit yang
ditemukan oleh Gottfired Wilhelm Von Leibnitz dengan mekanik. Mesin yang
diciptakan beliau sudah lebih mirip dengan komputer yang kita kenal saat ini.
Mesin tabulasi Babbage akhirnya
disempurnakan oleh Herman Hollerith pada tahun 1896. Dia memakai dasar
pemikiran mesin tabulasi Babbage untuk membuat alat yang diperlukan oleh Biro
Sensus Amerika Serikat. Tahun 1937, seorang sarjana dari Havard yang bernama
Howard H. Aiken, merancang sebuah mesin komputer pertama yang bisa memenuhi
berbagai kebutuhan penghitungan. Alat tadi disebut MARK I, dan pada tahun 1946
diciptakan ENIAC (Elektronik Numerical Integrator and Computer yang
artinya kurang lebih “ mesin penghitung dan pengintegralan angka secara
elektronik”) oleh J.P Eckert dan John Mauchly.
Perkembangan komputer tidak lepas dari
perkembangan komponen elektronik. Seiring dengan perkembangan kemajuan dibidang
transistor, mesin hitung yang dibuat Babbage yang bersifat lebih elekttronik.
Kemajuan bidang elektronika mengenai transistor inilah yang menjadikan fisik
komputer yang dibuat Babbage menjadi lebih kecil dan ringkas.
Sebagai bahan perbandingan, pada masa
Perang Dunia II satu unit komputer ukurannya hampir sama dengan satu kamar
seluas 140 m² dan beratnya sekitar 30 ton. Hal ini dikarenakan komputer
tersebut memakai banyak tabung hampa udara yang sangat besar.
Transistor adalah semikonduktor (benda
yang bersifat sebagian bisa menghantarkan listrik dan sebagian lagi tidak) yang
dapat bisa mengendalikan arus listrik. Komponen inilah yang menggantikan tabung
hampa udara tersebut. Sekarang dengan mengganti transistor oleh IC (Integrated
Circuit atau sirkuit yang terintegrasi), kita bisa memiliki komputer yang kita
kenal. Bahkan dengan menggunakan microprocessor chip (keping tempat
berproses yang berukuran sangat kecil), kita bisa memiliki komputer yang
ukurannya hanya segenggam tangan kita sendiri, seperti Palm PC atau Palmtops.
Mesin komputer yang kita kenal saat ini
telah mengalami berbagai perubahan berkenaan dengan sirkuit-sirkuit yang
membangunnya, dan kita biasa memanggil komputer masa kini dengan sebutan CPU.
2.3 Fungsi Komputer
1.
Sebagai
sarana mempermudah kerja
Dengan komputer, banyak pekerjaan
yang dapat diselesaikan dengan mudah. Jika dahulu orang mengetik surat harus
dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan disobek dan
diketik ulang kembali. Selain itu, dengan mesin tik dokumen yang telah diketik
tidak dapat diedit kembali. Sementara dengan menggunakan komputer kita dapat
mengetik, mengedit dan menyimpan dokumen untuk dapat diedit berulang-ulang.
2.
Sebagai
sarana komunikasi
Berbeda dengan zaman dahulu, jika
berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat
menggunakan fasilitas telepon yang hanya mendengar suaranya saja. Dengan
komputer kita bisa berbicara sambil melihat mereka dengan menggunakan Webcam,
serta mengirim tulisan chattingan, email bahkan gambar sekalipun.
3.
Sebagai
alat hiburan
Dahulu alat hiburan hanyalah radio,
tape, televisi, dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu
wilayah. Dengan komputer kita dapat menghibur dengan berbagai fasilitas yang
ada pada komputer.
4.
Alat
pendidikan
Dengan menggunakan komputer yang
terhubung dengan internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan
ilmu pengetahuan.
5.
Sarana
informasi
Dengan komputer kita dapat melihat
atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti pendidikan, tempat wisata,
hiburan, berita, cuaca, dan lain-lain.
6.
Sebagai
sarana usaha
Selain untuk komunikasi, mempermudah
pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat
untuk melakukan usaha banyak usaha yang mendatangkan penghasilan.
7.
Sebagai
sarana kontrol
Dibeberapa pabrik, perhotelan, dan
perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau
mengoperasikan sistem.
2.4 Sistem Komputer
Sistem
komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas
dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari
manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction
set), dan perangkat keras (hardware).
1)
Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena
jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
2)
Software
Software adalah rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang
berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik
yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini
dapat berupa program atau intruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun
catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang
dijalankannya.
3)
Hardware
Hardware adalah perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita
sentuh secara fisik, seperti perangkat masukan, perangkat memproses, maupun
perangkat keluaran.
2.5 Jenis Komputer
1)
Berdasarkan
kapasitas bentuk fisiknya, yaitu :
-
Kalkulator
-
Komputer
skala kecil (IBM PC)
-
Komputer
skala menengah (LAN = Local Area Network)
-
Komputer
skala besar (Worklink)
2)
Berdasarkan
jenis data-datanya, yaitu :
-
Digital
: data numerik misal komputer
-
Analog
: data fisik, misal termometer, timbangan beras
-
Hybrid
: data campuran, misal argometer taksi, pompa bensin
3)
Berdasarkan
kegunaannya, yaitu :
-
Spesial
purpose : untuk keperluaan khusus, misal anlisa darah di rumah sakit
-
General
purpose : untuk keperluan umum
4)
Berdasarkan
bidang kerjanya yaitu :
-
Bisnis
dan keuangan, misalnya di bank.
-
Ilmiah
dan rekayasa, misalnya di pabrik pesawat terbang.
-
Pengendalian
proses, misalnya di pabrik semen.
2.6 Cara yang Benar dan Sehat
dalam Menggunakan Komputer
Cara menggunakan komputer agar tetap sehat dan terhindar dari
berbagai penyakit :
1)
Pandangan mata
disarankan agar monitor memiliki layar layar anti silau atau layar komputer
tidak terlalu cerah.
2)
Posisi tubuh
siku dan lutut membentuk sudut 90' dan duduk harus
tegak. Keyboard harus sama tingginya dengan siku sehingga lengan dan jemari
mengurangi ketegangan otot dan persendian. Apabila kursi tersebut terlalu
tinggi kita dapat menggunakan penyangga kaki.
3)
Letak
pergelangan tangan, jemari dan tangan dalam keadaan santai,
tidak melengkung dan tegang.
4)
Monitor ;
Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat
memancarkan intensitas cahaya yang cukup tinggi untuk diterima oleh mata
manusia. Oleh karena itu,bagian dari perangkat ini harus memiliki layar anti
radiasi, agar mata terhindar dari kerusakan. Untuk mengurangi keluhan pada mata,
ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
a.
Letakan monitor
sedemikian rupa diruangan, sehingga layar monitor tidak memantulkan cahaya dari
sumber cahaya lain.
b.
Letakan monitor
lebih rendah dari garis horizontal mata, agar tidak mengadah atau menunduk.
c.
Aturlah cahaya
monitor agar tidak terlalu terang dan gelap.
d.
Sering-seringlah
untuk mengedipkan mata untuk menjaga mata tidak kering, sesekali memandang jauh
keluar ruangan.
5)
CPU (Central
Processing Unit) ; bagian dari perangkat komputer ini tidak
boleh bersentuhan langsung dengan tangan basah, karena aliran listrik yang ada
pada CPU dapat menyengat manusia.
6)
Kabel komputer ;
Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat
menyebabkan hubungan singkat (korsleting). Hubungan singkat ini
dapat menyebabkan kenakaran.
7)
Keyboard ;
Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor
penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang
disebabkan oleh keyboard adalah pengunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu
yang lama.
Hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan :
Hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan :
a.
Keyboard hang /
rusak
b.
Keyboard
berlumut kekuning-kunigan dan tidak indah
8)
Pandangan mata ;
Untuk mengurangi rasa sakit pada mata akibat pandangan fokus ke layar monitor
memiliki layar anti silau atau memakai kaca mata berwarna.
9)
Beristirahat ; Beristirahatlah
selama 10 menit setelah bekerja 1 jam di depan komputer agar mata dan organ
tubuh lainya juga beristirahat. Teknologi memudahkan kehidupan manusia,
komputer kecil atau portable seperti notebook (laptop/netbook) sudah menjadi
perangkat umumyang sering digunakan oleh masyarakat. Tetapi ternyata ada
penelitian bahwa posisi perangkat seperti notebook bisa membahayakan kesehatan.
Ukuran notebook yang kecil membuat pengguna harus terus menunduk. Bahkan posisi duduk yang tidak berubah dengan menyesuaikan sudut pandang dapat menyakiti 3 sisi dari tulang tubuh manusia. Yaitu persendian tangan, tulang punggun dan tulang leher. Posisi yang benar adalah mata harus sejajar dengan layar komputer atau notebook sehingga tulang leher dan tulang punggung tidak terlalu membungkuk. Mengukur sudut pandang terbaik pada monitor adalah dengan meluruskan tangan ke arah monitor dan titik jari berada ditengah layar monitor ataupun notebook.Untuk tangan harus membentuk sudut 90 derajat. Pilihan bagi pemakai notebook, sebaiknya menggunakan adaptor pada keyboard untuk dihubungkan dengan keyboard ukuran besar dan tidak menggunakan keyboard dari notebook. Posisi notebook juga harus dinaikan agar sejajar dengan mata pengguna.
Ukuran notebook yang kecil membuat pengguna harus terus menunduk. Bahkan posisi duduk yang tidak berubah dengan menyesuaikan sudut pandang dapat menyakiti 3 sisi dari tulang tubuh manusia. Yaitu persendian tangan, tulang punggun dan tulang leher. Posisi yang benar adalah mata harus sejajar dengan layar komputer atau notebook sehingga tulang leher dan tulang punggung tidak terlalu membungkuk. Mengukur sudut pandang terbaik pada monitor adalah dengan meluruskan tangan ke arah monitor dan titik jari berada ditengah layar monitor ataupun notebook.Untuk tangan harus membentuk sudut 90 derajat. Pilihan bagi pemakai notebook, sebaiknya menggunakan adaptor pada keyboard untuk dihubungkan dengan keyboard ukuran besar dan tidak menggunakan keyboard dari notebook. Posisi notebook juga harus dinaikan agar sejajar dengan mata pengguna.
a.
Tutup/close program yang tidak perlukan; Setiap program yg diload atau dijalankan
membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin
banyak memory yg tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer anda
berjalan lambat (lelet) juga beban kerja komputer anda menjadi lebih berat yang
akhirnya akan dapat memperpendek umur komponen pada komputer anda.
b.
Ventilasi yang cukup ; Maksudnya adalah tempatkan monitor maupun CPU anda sedemikian
rupa sehingga ventilasi udara dari tembok ke monitor / CPU cukup lebar dan
udara yang masuk cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas
berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi
cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu
usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Jika
perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.
c.
Install program antivirus dan updatelah
secara berkala; Untuk dapat mengenali virus-virus baru pada komputer anda sebaiknya update
program antivirus anda secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di
komputer anda dapat membuat anda menginstall ulang komputer anda. Hal ini
selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk anda akan lebih cepat
rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.
d.
Uninstall atau buang program yang tidak
anda gunakan; Ruang
harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write
harddisk anda sehingga beban kerja komputer anda akan lebih berat sehingga
harddisk juga akan cepat rusak.
e.
Pakailah UPS/Stabilizer; Gunakanlah UPS untuk mengantisipasi listrik
mati/padam secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen
komputer anda terutama pada harddisk. Jika anda tidak ada UPS, gunakanlah
Stabilizer untuk mengantisipasi dan menstabilkan naik turunnya tegangan
listrik.
BAB III
PENUTUP
3.1 Simpulan
Komputer
adalah alat menghitung seperti sempoa. Namun dalam perkembangannya, kata
komputer mengalami pergeseran arti, dari sekedar mesin hitung sederhana hingga
menjadi sebuah benda yang besar sekali manfaatnya dalam kehidupan manusia
modern.
Perkembangan
komputer tidak lepas dari perkembangan komponen elektronik. Seiring dengan
perkembangan kemajuan dibidang transistor, mesin hitung yang dibuat Babbage
yang bersifat lebih elekttronik. Kemajuan bidang elektronika mengenai
transistor inilah yang menjadikan fisik komputer yang dibuat Babbage menjadi
lebih kecil dan ringkas.
Fungsi
komputer di antaranya sebagai sarana mempermudah kerja kita dalam kehidupan
sehari-hari seperti alat pendidikan, alat hiburan, alat komunikasi dan
informasi, sarana bisnis dan lain-lainnya.
Sistem
komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas
dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari
manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction
set), dan perangkat keras (hardware).
DAFTAR
PUSTAKA
Daryanto. 2001. Pengenalan dan Pengopreasian Komputer.
Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya
Juliandi. 2009. Pengenalan Dasar Komputer. Bandung : Cipta
Dea Pustaka
0 komentar:
Posting Komentar