Cute Rocking Baby Monkey

Jumat, 17 November 2017

Makalah TIK (Pengenalan Komputer)

PENGENALAN KOMPUTER

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Kelompok pada Mata Kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dosen Pengampu : Andi Ainunnajib Fikri, S.T., M.Pd.I



 



 





Disusun Oleh:
Ketua     : Nur Nurhalimah
Anggota :  Rini Nur Aini



FAKULTAS TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM DARUSSALAM
CIAMIS-JAWA BARAT
2017





KATA PENGANTAR

Assalaamu’alaikum Wr.Wb
            Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nyalah kami dapat menyelesaikan makalah ini sesuai yang kami harapkan, Shalawat beserta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita jalan yang lurus berupa ajaran agama Islam yang sempurna dan menjadi anugerah serta rahmat bagi seluruh alam semesta.
            Makalah ini kami buat dengan maksud untuk memenuhi tugas kelompok mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi, dalam makalah ini kami menjelaskan tentang “Pengenalan Komputer”. Disamping itu kami mengucapkan terimakasih kepada Bapak Andi Ainunnajib Fikri, S.T., M.Pd.I., selaku Dosen mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi, tidak lupa kepada mahasiswa yang telah membantu kami selama pembuatan makalah ini berlangsung sehingga terealisasikanlah makalah ini.
            Kami menyadarai dalam penyusuan makalah ini banyak kekurangan dan kesalahan, kami mohon maaf dan meminta kritik dan sarannya terhadap makalah ini agar kedepannya bisa diperbaiki.
            Demikian makalah ini kami buat, semoga dengan adanya makalah ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua dan dapat menambah ilmu pengetahuan


Ciamis,  Oktober 2017
                             

Penyusun




DAFTAR ISI





BAB I

PENDAHULUAN

Dalam dasawarsa (sepuluh tahun) terakhir kita merasakan dunia seakan kian menyempit. Dahulu kita membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk mengirim berita kepada sanak saudara yang berada di tempat yang sangat jauh, namun kini cukup dengan memencet tombol-tombol ditelepon genggam, kita bisa mengirim berita pada orang yang tinggal di belahan lain di bumi ini hanya dalam hitungan detik.
Dengan teknologi yang ada saat ini, kita juga bisa berinteraksi dengan orang yang ada di tempat lain, bahkan sangat jauh secara langsung. Dan pada kenyataannya, kemajuan yang sudah dicapai ini tidak lepas dari suatu benda yang dinamakan komputer.
1.         Apa yang Dimaksud dengan Komputer?
2.         Bagaimana Sejarah Komputer?
3.         Apa saja Fungsi Komputer?
4.         Apa yang Dimaksud Sistem Komputer?
5.         Apa saja Jenis-jenis Komputer?
6.         Bagaimana Cara yang Benar dan Sehat dalam Menggunakan Komputer?
7.         Bagaimana Perawatan Komputer yang Baik?
1.         Untuk Mengetahui Komputer.
2.         Untuk Mengetahui Sejarah Komputer.
3.         Untuk Mengetahui Fungsi Komputer.
4.         Untuk Mengetahui Sistem Komputer.
5.         Untuk Mengetahui Jenis-jenis Komputer.
6.         Untuk Mengetahui Cara yang Benar dan Sehat dalam Menggunakan Komputer.
7.         Untuk Mengetahui Perawatan Komputer yang Baik.

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Komputer

       Kata komputer berasal dari Bahasa Inggris “Computer” yang artinya penghitung atau alat yang digunakan manusia untuk menghitung. Secara tata bahasa, alat menghitung seperti sempoa pun termasuk dalam kategori komputer. Namun dalam perkembangannya, kata komputer mengalami pergeseran arti, dari sekedar mesin hitung sederhana hingga menjadi sebuah benda yang besar sekali manfaatnya dalam kehidupan manusia modern.
       Komputer menjadi komponen utama dalam berbagai perangkat yang menunjang kehidupan manusia; dari sesuatu yang rumit seperti sistem pendukung pada navigasi-sistem kemudi-pesawat ulang alik milik NASA (National Aeronautics and Space Administrasion-badan antariksa milik Amerika Serikat), pengendalian lengan robot pada pabrik-pabrik pembuat otomotif, menjadi alat pembantu dalam absensi pegawai, sampai menjadi komponen dalam radio tape. Dan kini dikenal dengan kemajuan sistem komunikasi global dan internet, ketergantungan manusia pada komputer pun semakin besar, sehingga sudah sewajarnya jika komputer dikenal sejak usia sedini mungkin. Namun sebelum kita mengenal perangkat ini lebih lanjut, rasanya tak ada salahnya kalau kita terlebih dahulu mengetahui sedikit sejarah mengenai perkembangan komputer.

2.2 Sejarah Perkembangan Komputer

       Komputer pertama kali diperkenalkan pada tahun 1641 oleh Blaise Pascal dari perancis. Beliau menyusun sebuah mesin hitung yang digunakan untuk menunjang pekerjaannya. Saat itu ia dan ayahnya bekerja di Dinas Perpajakan Perancis. Pascal membutuhkan alat khusus yang bisa membantunya menghitung uang pajak secara tepat dan akurat. Dalam melakukan pekerjaannya, kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal. Mesin manual penemuan Pascal ternyata memiliki banyak kekurangan. Mesin itu sering macet sehingga proses kerjanya memakan waktu yang lama.
       Pada tahun 1830, Charles Babbage dari Inggris memiliki ide untuk menggabungkan prinsip-prinsip digital. Sistem yang ia ciptakan merupakan gabungan pemakaian hitungan binari atau dua digit yang ditemukan oleh Gottfired Wilhelm Von Leibnitz dengan mekanik. Mesin yang diciptakan beliau sudah lebih mirip dengan komputer yang kita kenal saat ini.
       Mesin tabulasi Babbage akhirnya disempurnakan oleh Herman Hollerith pada tahun 1896. Dia memakai dasar pemikiran mesin tabulasi Babbage untuk membuat alat yang diperlukan oleh Biro Sensus Amerika Serikat. Tahun 1937, seorang sarjana dari Havard yang bernama Howard H. Aiken, merancang sebuah mesin komputer pertama yang bisa memenuhi berbagai kebutuhan penghitungan. Alat tadi disebut MARK I, dan pada tahun 1946 diciptakan ENIAC (Elektronik Numerical Integrator and Computer yang artinya kurang lebih “ mesin penghitung dan pengintegralan angka secara elektronik”) oleh J.P Eckert dan John Mauchly.
       Perkembangan komputer tidak lepas dari perkembangan komponen elektronik. Seiring dengan perkembangan kemajuan dibidang transistor, mesin hitung yang dibuat Babbage yang bersifat lebih elekttronik. Kemajuan bidang elektronika mengenai transistor inilah yang menjadikan fisik komputer yang dibuat Babbage menjadi lebih kecil dan ringkas.
       Sebagai bahan perbandingan, pada masa Perang Dunia II satu unit komputer ukurannya hampir sama dengan satu kamar seluas 140 m² dan beratnya sekitar 30 ton. Hal ini dikarenakan komputer tersebut memakai banyak tabung hampa udara yang sangat besar.
       Transistor adalah semikonduktor (benda yang bersifat sebagian bisa menghantarkan listrik dan sebagian lagi tidak) yang dapat bisa mengendalikan arus listrik. Komponen inilah yang menggantikan tabung hampa udara tersebut. Sekarang dengan mengganti transistor oleh IC (Integrated Circuit atau sirkuit yang terintegrasi), kita bisa memiliki komputer yang kita kenal. Bahkan dengan menggunakan microprocessor chip (keping tempat berproses yang berukuran sangat kecil), kita bisa memiliki komputer yang ukurannya hanya segenggam tangan kita sendiri, seperti Palm PC atau Palmtops.
       Mesin komputer yang kita kenal saat ini telah mengalami berbagai perubahan berkenaan dengan sirkuit-sirkuit yang membangunnya, dan kita biasa memanggil komputer masa kini dengan sebutan CPU.

2.3 Fungsi Komputer

1.      Sebagai sarana mempermudah kerja
            Dengan komputer, banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan mudah. Jika dahulu orang mengetik surat harus dengan mesin tik, dan bila ada kesalahan maka kertas tersebut akan disobek dan diketik ulang kembali. Selain itu, dengan mesin tik dokumen yang telah diketik tidak dapat diedit kembali. Sementara dengan menggunakan komputer kita dapat mengetik, mengedit dan menyimpan dokumen untuk dapat diedit berulang-ulang.
2.      Sebagai sarana komunikasi
            Berbeda dengan zaman dahulu, jika berkomunikasi dengan seseorang yang berada jauh dari kita, kita dapat menggunakan fasilitas telepon yang hanya mendengar suaranya saja. Dengan komputer kita bisa berbicara sambil melihat mereka dengan menggunakan Webcam, serta mengirim tulisan chattingan, email bahkan gambar sekalipun.
3.      Sebagai alat hiburan
            Dahulu alat hiburan hanyalah radio, tape, televisi, dan jalan-jalan untuk mengetahui kondisi dan situasi dari satu wilayah. Dengan komputer kita dapat menghibur dengan berbagai fasilitas yang ada pada komputer.
4.      Alat pendidikan
            Dengan menggunakan komputer yang terhubung dengan internet ataupun tidak kita dapat memperoleh pendidikan dan ilmu pengetahuan.
5.      Sarana informasi
            Dengan komputer kita dapat melihat atau memperoleh informasi yang kita butuhkan seperti pendidikan, tempat wisata, hiburan, berita, cuaca, dan lain-lain.
6.      Sebagai sarana usaha
            Selain untuk komunikasi, mempermudah pekerjaan, serta alat hiburan, komputer juga dapat dipergunakan sebagai alat untuk melakukan usaha banyak usaha yang mendatangkan penghasilan.
7.      Sebagai sarana kontrol
            Dibeberapa pabrik, perhotelan, dan perusahaan banyak komputer dipergunakan sebagai sarana untuk mengontrol atau mengoperasikan sistem.

2.4 Sistem Komputer

       Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).     
1)      Brainware
Brainware adalah orang yang mengoperasikan sebuah komputer, karena jika tidak ada orang yang mengoperasikan maka tidak akan dapat digunakan.
2)      Software
Software adalah rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. Merupakan data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri, data yang disimpan ini dapat berupa program atau intruksi yang akan dijalankan oleh perintah, maupun catatan-catatan yang diperlukan oleh komputer untuk menjalankan perintah yang dijalankannya.
3)      Hardware
Hardware adalah perangkat yang dapat kita lihat dan dapat kita sentuh secara fisik, seperti perangkat masukan, perangkat memproses, maupun perangkat keluaran.

2.5 Jenis Komputer

1)      Berdasarkan kapasitas bentuk fisiknya, yaitu :
-          Kalkulator
-          Komputer skala kecil (IBM PC)
-          Komputer skala menengah (LAN = Local Area Network)
-          Komputer skala besar (Worklink)
2)      Berdasarkan jenis data-datanya, yaitu :
-          Digital : data numerik misal komputer
-          Analog : data fisik, misal termometer, timbangan beras
-          Hybrid : data campuran, misal argometer taksi, pompa bensin
3)      Berdasarkan kegunaannya, yaitu :
-          Spesial purpose : untuk keperluaan khusus, misal anlisa darah di rumah sakit
-          General purpose : untuk keperluan umum
4)      Berdasarkan bidang kerjanya yaitu :
-          Bisnis dan keuangan, misalnya di bank.
-          Ilmiah dan rekayasa, misalnya di pabrik pesawat terbang.
-          Pengendalian proses, misalnya di pabrik semen.

2.6 Cara yang Benar dan Sehat dalam Menggunakan Komputer

       Cara menggunakan komputer agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit :
1)      Pandangan mata disarankan agar monitor memiliki layar layar anti silau atau layar komputer tidak terlalu cerah.
2)      Posisi tubuh siku dan lutut membentuk sudut 90' dan duduk harus tegak. Keyboard harus sama tingginya dengan siku sehingga lengan dan jemari mengurangi ketegangan otot dan persendian. Apabila kursi tersebut terlalu tinggi kita dapat menggunakan penyangga kaki.
3)      Letak pergelangan tangan, jemari dan tangan dalam keadaan santai, tidak melengkung dan tegang.
4)      Monitor ; Monitor komputer pada umumnya menggunakan tabung gambar (CRT) yang dapat memancarkan intensitas cahaya yang cukup tinggi untuk diterima oleh mata manusia. Oleh karena itu,bagian dari perangkat ini harus memiliki layar anti radiasi, agar mata terhindar dari kerusakan. Untuk mengurangi keluhan pada mata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :
a.       Letakan monitor sedemikian rupa diruangan, sehingga layar monitor tidak memantulkan cahaya dari sumber cahaya lain.
b.      Letakan monitor lebih rendah dari garis horizontal mata, agar tidak mengadah atau menunduk.
c.       Aturlah cahaya monitor agar tidak terlalu terang dan gelap.
d.      Sering-seringlah untuk mengedipkan mata untuk menjaga mata tidak kering, sesekali memandang jauh keluar ruangan.
5)      CPU (Central Processing Unit) ; bagian dari perangkat komputer ini tidak boleh bersentuhan langsung dengan tangan basah, karena aliran listrik yang ada pada CPU dapat menyengat manusia.
6)      Kabel komputer ; Bagian dari perangkat komputer ini harus dihindari dari air, karena dapat menyebabkan hubungan singkat (korsleting). Hubungan singkat ini dapat menyebabkan kenakaran.
7)      Keyboard ; Penelitian menunjukan bahwa posisi keyboard merupakan salah satu faktor penyebab nyeri otot dan persendian. Penyebab nyeri otot dan tulang yang disebabkan oleh keyboard adalah pengunaan jari-jari tertentu saja dalam waktu yang lama.
Hindari tumpahnya air pada keyboard yang dapat menyebabkan :
a.       Keyboard hang / rusak
b.      Keyboard berlumut kekuning-kunigan dan tidak indah
8)      Pandangan mata ; Untuk mengurangi rasa sakit pada mata akibat pandangan fokus ke layar monitor memiliki layar anti silau atau memakai kaca mata berwarna.
9)      Beristirahat ; Beristirahatlah selama 10 menit setelah bekerja 1 jam di depan komputer agar mata dan organ tubuh lainya juga beristirahat. Teknologi memudahkan kehidupan manusia, komputer kecil atau portable seperti notebook (laptop/netbook) sudah menjadi perangkat umumyang sering digunakan oleh masyarakat. Tetapi ternyata ada penelitian bahwa posisi perangkat seperti notebook bisa membahayakan kesehatan.
Ukuran notebook yang kecil membuat pengguna harus terus menunduk. Bahkan posisi duduk yang tidak berubah dengan menyesuaikan sudut pandang dapat menyakiti 3 sisi dari tulang tubuh manusia. Yaitu persendian tangan, tulang punggun dan tulang leher. Posisi yang benar adalah mata harus sejajar dengan layar komputer atau notebook sehingga tulang leher dan tulang punggung tidak terlalu membungkuk. Mengukur sudut pandang terbaik pada monitor adalah dengan meluruskan tangan ke arah monitor dan titik jari berada ditengah layar monitor ataupun notebook.Untuk tangan harus membentuk sudut 90 derajat. Pilihan bagi pemakai notebook, sebaiknya menggunakan adaptor pada keyboard untuk dihubungkan dengan keyboard ukuran besar dan tidak menggunakan keyboard dari notebook. Posisi notebook juga harus dinaikan agar sejajar dengan mata pengguna.
a.      Tutup/close program yang tidak perlukan; Setiap program yg diload atau dijalankan membutuhkan memory (RAM) sehingga semakin banyak program yg dijalankan semakin banyak memory yg tersita. Hal ini selain dapat menyebabkan komputer anda berjalan lambat (lelet) juga beban kerja komputer anda menjadi lebih berat yang akhirnya akan dapat memperpendek umur komponen pada komputer anda.
b.      Ventilasi yang cukup ; Maksudnya adalah tempatkan monitor maupun CPU anda sedemikian rupa sehingga ventilasi udara dari tembok ke monitor / CPU cukup lebar dan udara yang masuk cukup lancar. Ventilasi yg kurang baik akan menyebabkan panas berlebihan sehingga komponen/rangkaian elektronik di dalamnya akan menjadi cepat panas sehingga dapat memperpendek umur komponen tersebut. Oleh karena itu usahakan jarak antara monitor/CPU dengan dinding/tembok minimal 30 cm. Jika perlu pasang kipas angin di dalam ruangan.
c.       Install program antivirus dan updatelah secara berkala; Untuk dapat mengenali virus-virus baru pada komputer anda sebaiknya update program antivirus anda secara berkala. Virus yang terlanjur menyebar di komputer anda dapat membuat anda menginstall ulang komputer anda. Hal ini selain membutuhkan biaya juga akan menyebabkan harddisk anda akan lebih cepat rusak dibanding apabila tidak sering diinstall ulang.
d.      Uninstall atau buang program yang tidak anda gunakan; Ruang harddisk yang terlalu banyak tersita akan memperlambat proses read/write harddisk anda sehingga beban kerja komputer anda akan lebih berat sehingga harddisk juga akan cepat rusak.
e.       Pakailah UPS/Stabilizer; Gunakanlah UPS untuk mengantisipasi listrik mati/padam secara tiba-tiba yang dapat mengakibatkan kerusakan pada komponen komputer anda terutama pada harddisk. Jika anda tidak ada UPS, gunakanlah Stabilizer untuk mengantisipasi dan menstabilkan naik turunnya tegangan listrik.


















BAB III

PENUTUP

3.1 Simpulan

Komputer adalah alat menghitung seperti sempoa. Namun dalam perkembangannya, kata komputer mengalami pergeseran arti, dari sekedar mesin hitung sederhana hingga menjadi sebuah benda yang besar sekali manfaatnya dalam kehidupan manusia modern.
Perkembangan komputer tidak lepas dari perkembangan komponen elektronik. Seiring dengan perkembangan kemajuan dibidang transistor, mesin hitung yang dibuat Babbage yang bersifat lebih elekttronik. Kemajuan bidang elektronika mengenai transistor inilah yang menjadikan fisik komputer yang dibuat Babbage menjadi lebih kecil dan ringkas.
Fungsi komputer di antaranya sebagai sarana mempermudah kerja kita dalam kehidupan sehari-hari seperti alat pendidikan, alat hiburan, alat komunikasi dan informasi, sarana bisnis dan lain-lainnya.
     Sistem komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware).












DAFTAR PUSTAKA

Daryanto. 2001. Pengenalan dan Pengopreasian Komputer. Jakarta : Pedoman Ilmu Jaya
Juliandi. 2009. Pengenalan Dasar Komputer. Bandung : Cipta Dea Pustaka


0 komentar:

Posting Komentar